Selalu ada jalan

Selalu ada jalan… Inilah kata yang selalu ada dibenak dan kepala saya dalam menjalani hidup ini terutama hidup bagi orang lain yang ada disekitar saya. Selalu ada jalan….

.

Beberapa hari yang lalu, kami mendapat undangan untuk berkunjung ke PRJ dengan anak-anak sekolah kami, karena anak-anak memang lama tidak pernah melakukan jalan-jalan apalagi setelah hampir 3 tahun saya tinggalkan, saya langsung mengiyakan tawaran jalan-jalan ke PRJ itu.  Setelah berbicara dengan pihak PRJ ternyata pihak PRJ tidak menyediakan transportasi untuk anak-anak ini dan mereka hanya menyediakan tiket masuk, makan dan bingkisan anak-anak. Saya yang terlanjut mengiyakan jadi rada bingung karena untuk mengangkut 200 anak dengan pembinanya diperlukan biaya untuk sewa mobil.

.

Pertama saya hanya bilang pada rekan-rekan,  “Siapkan saja anak-anak dan nanti masalah mobil akan selalu ada jalan.”  Setelah semingu dari kesepakatan, saya tetap belum memiliki uang untuk sewa mobil itu sedangkan paling tidak diperlukan 4 metro mini untuk mengangkut mereka ini, tapi setelah seminggu dalam hari-hari terakhir ada jalan terang disana dimana ada “Emak” yang akan pergi ke Amerika dan Emak ini ninggali uang untuk saya dengan jumlah yang lumayan besar dan cukup untuk sewa mobil dan beli bingkisan anak-anak. Tenanglah hati ini, tapi Allah berkehendak lain. 4 hari menjelang hari keberangkatan anak-anak ke PRJ ada kejadian dimana memerlukan biaya yaitu ada anak cacat yang sakit dan memerlukan biaya ke rumah sakit dan anak itu akhirnya meninggal dan membutuhkan baiya untuk penguburan. Buyarlah acara ke PRJ.

.

Saya hampir membatalkan acara ini, tapi kasihan juga anak-anak sudah mengharapkan bisa jalan-jalan ke PRJ ini.  Pertolongan Tuhan tiada terlambat.  Dua hari sebelum pemberangatan ada sms masuk ke pijetan saya yang mengatakan kalau telah terjadi tranfer duit sejumlah ….untuk keperluan anak-anak.  Giranglah hati saya dan saya meminta salah satu rekan melihat di atm apakah benar ada uang masuk dan kalau ada langsung saya suruh ambil saja dan dipakai untuk segera cari metromini dan bayar langsung supaya uang tidak tersamber kebutuhan lain… Semua berjalan dengan baik hingga anak-anak bisa ke PRJ dan kegembiraan ada pada mereka.  Selalu ada jalan…. ya selalu ada jalan…..

.

Dalam hidup ini selalu ada jalan jika kita memang mempercayakan diri pada sumber jalan yaitu Allah sendiri apalagi jika hidup untuk kebaikan terutama kebaikan orang lain. Maka, walaupun kekhawatiran ada dan semua terasa “gelap” tapi jika ada kepercayaan, jalan itu akan selalu ada dan saya selalu mengalaminya dalam hidup ini.

.

Keraguan memang ada tapi dari keraguan itulah iman semakin ditumbuhkan dan diteguhkan.  Membangun iman dalam keadaan sekarang adalah penting dan harus dilakukan.  Iman akan Allah yang memberikan jalan pada kehidupan kita.  Selalu ada jalan…

.

Bagi yang sedang dalam masalah kehidupan ini, percayalah selalu ada jalan penyelesaiannya. Ada jalan untuk Anda untuk semakin dekat dengan Allah dan dekat dengan penyelesaian masalah itu. Percayalah Allah yang sanggup menciptakan Anda, Ia juga sanggup mencukupi hidup Anda dan menyelesaikan permasalahan Anda.

.

Salam dalam iman dan kepercayaan kalau selalu akan ada jalan dalam hidup ini.

.

Selalu ada jalan….

.

petrusp

Tags: , , , ,

Comments are closed.